Jumat, 13 Desember 2019

Penerapan Senyawa Kimia Dalam Kehidupan Sehari Hari

Assalamualaikum Wr.Wb  Saya Rahmat Fadli Akbar Kelas X IPS 4 Absen (28) Ingin Menjabarkan Penerapan Senyawa Kimia Dalam Kehidupan Sehari Hari.



1.Asam Nitrat (HNO3)


2.Hidrogen Peroksida (H2O2)


Hidrogen peroksida atau hydrogen peroxide adalah zat kimia bersifat asam lemah berupa cairan tak berwarna, agak lebih kental daripada air, namun merupakan oksidator atau agen pemutih yang kuat. Hidrogen peroksida terbuat dari hidrogen (H2) dan oksigen (O2). Selain digunakan sebagai pemutih, hidrogen peroksida juga digunakan sebagai antiseptik dan beberapa produk industri rumahan. Hidrogen peroksida dengan konsentrasi rendah (3-9%) biasanya digunakan sebagai campuran aplikasi obat, pemutih pakaian, hingga bleaching rambut. Di dunia industri, hidrogen peroksida dalam konsentrasi yang lebih tinggi digunakan sebagai pemutih untuk tekstil dan kertas.

A.Kegunaan Hidrogen Peroksida 

Sebagai obat antiseptik ringan untuk mencegah infeksi kulit dari luka gores, luka potong, dan luka bakar ringan. Obat ini juga sering dimasukkan ke dalam obat kumur untuk membasmi kuman penyebab masalah gigi dan gusi, seperti sariawan dan radang gusi.

B.Ikatan Kimia 

struktur lewis H2O2
Dalam senyawa asam peroksida hanya terdapat 3 buah ikatan kovalen tunggal dan dua buah atom O berperan sebagai atom pusat (tidak ada atom pusat tunggal).
3.Kalsium Klorida  (CaCl2)
adalah senyawa anorganik, sebuah garam dengan rumus kimia CaCl2. Ia adalah padatan kristal tak berwarna pada suhu kamar, sangat larut dalam air.
Kalsium klorida sering dijumpai sebagai hidrasi padat dengan rumus umum CaCl2(H2O)x dengan x = 0, 1, 2, 4, dan 6. Senyawa ini terutama digunakan untuk penghilang es dan pengendali debu. Karena garam anhidrat adalah higroskopis, ia digunakan sebagai desikan (bahasa Inggrisdessicant).

A.Kegunaan Kalsium Klorida 

Kalsium klorida umum digunakan sebagai elektrolit dalam minuman olahraga dan minuman lainnya, termasuk air dalam kemasan. Rasa asin kalsium klorida yang ekstrem digunakan sebagai perisa acar tanpa menaikkan kandungan natrium dalam makanan.

B.Ikatan Kimia
Hasil gambar untuk struktur lewis cacl2

4.Raksa(1) bromida (Hg2Br2)
adalah senyawa kimia yang terdiri dari ion raksa dan bromin dengan rumus kimia Hg2Br2. Warnanya berubah dari putih menjadi kuning jika dipanaskan. Senyawa ini dimanfaatkan untuk alat akusto-optik. Senyawa ini ada dalam bentuk mineral yang sangat langka yang disebut kuzminit, Hg2(Br,Cl)2

A.Keegunaan Raksa(1) bromida 

Berfungsi dalam pertanian untuk membasmi belatung pada akar kubis/ kol dan bawang; sebagai pencahar, diuretika, antiseptik dan antisifilitik.

B.Ikatan Kimia 

Hasil gambar untuk hg2br2
Hg2Br2 Termasuk Kedalam Ikatan Kovalen Tunggal 

5.Metanol (CH3OH)
Adalah senyawa kimia dengan rumus kimia CH3OH. Ia merupakan bentuk alkohol paling sederhana. Pada "keadaan atmosfer" ia berbentuk cairan yang ringan, mudah menguap, tidak berwarna, mudah terbakar, dan beracun dengan bau yang khas (berbau lebih ringan daripada etanol). metanol digunakan sebagai bahan pendingin anti beku, pelarut, bahan bakar dan sebagai bahan additif bagi etanol industri.

A.Kegunaan Metanol 
metanol digunakan sebagai bahan pendingin anti beku, pelarut, bahan bakar dan sebagai bahan additif bagi etanol industri.

B.Ikatan Kimia 
Methanol

Dalam Struktur metanol Terdapat 3 ikatan Kovalen tunggal.

6.Ozon (O3)
Ozon (O3) terdiri dari tiga molekul oksigen dan amat berbahaya pada kesehatan manusia. Secara alamiah, ozon dihasilkan melalui percampuran cahaya ultraviolet dengan atmosfer bumi dan membentuk suatu lapisan ozon pada ketinggian 50 kilometer.

A.Kegunaan Ozon 

Fungsi lapisan ozon yang umum kita ketahui adalah untuk melindungi kita dari sinar ultraviolet matahari yang dapat menyebabkan kanker. Dalam hal ini lapisan ozon berfungsi sebagai tabir surya bagi bumi dan menyerap sekitar 98% dari sinar UV yang terkenal berbahaya.

B.Ikatan Kimia 
Hasil gambar untuk struktur lewis ozon

Pada Struktur ozon terdapat 1 Ikatan Kovalen rangkap 2, dan 1 ikatan kovalen tunggal 

Sekian Dari Saya Wassalamualaikum Wr, Wb 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar